Kamis, 13 Oktober 2016

LATAR BELAKANG PENDIRIAN CoCE



Sejak dua abad yang lalu, data morbiditas dan mortalitas merupakan informasi penting yang digunakan untuk berbagai keperluan, diantaranya untuk riset medis, epidemiologi  dan program pencegahan/penanggulangan masalah  kesehatan, untuk kepentingan manajemen di fasilitas layanan kesehatan, dan bahkan aspek hukum kesehatan serta pembuatan kebijakan.
Sejak diberlakukannya sistem Case-Mix berbasis Diagnosis Related Groups (DRG) dalam pembayaran kembali (reimbursement) biaya pelayanan kesehatan, maka peran koding diagnosis penyakit dan prosedur medis menjadi sangat signifikan, terutama dalam proses reimbursement.
Salah satu kunci pokok keterampilan dan ketepatan dalam penetapan kode diagnosis dan prosedur adalah pemahaman yang baik terhadap proses koding, baik diagnosis maupun prosedur, berikut pengetahuan-pengetahuan penunjang yang terkait dalam proses tersebut. Keilmuan ini diperlukan oleh semua pihak yang terkait proses koding klinis atau proses verifikasi dalam reimbursement, dan para pengguna data/informasi klinis guna kepentingan lain.
Untuk itulah PT Bhakti Putra Satmoko pada awal Tahun 2015 mendirikan Pusat Pelatihan & Konsultasi khusus Koding yang disebut Center of Coding Excellence (CoCE) yang bekerjasama dengan berbagai  institusi, diantaranya PORMIKI, Progdi D3 RMIK, Dinas Kesehatan Prov. Jawa Tengah, BPJS Kesehatan dan Perhimpunan Dokter Spesialis untuk dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kompetensi terkait koding, baik untuk koder alumni D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan (RMIK) maupun koder yang bukan alumni D3 RMIK, ataupun bagi tenaga medis dan paramedis terkait pelayanan,  dan bahkan verifikator.  
Center Of Coding Excellence (CoCE) Online adalah sebuah lembaga pelatihan dan konsultan di bidang Manajemen Informasi Kesehatan (MIK) terutama pada keahlian koding klinis yang dibidani oleh pakar berpengalaman lebih dari lima belas tahun dalam pembelajaran koding klinis, yang telah menjadi instruktur dan narasumber di berbagai  event berupa seminar dan pelatihan di seluruh Indonesia. Pembelajaran yang diberikan tidak hanya sebatas ketrampilan dasar dan praktis, namun juga pengetahuan, pemahaman konseptual dan kontekstual yang dibutuhkan dalam aplikasi koding klinis untuk berbagai keperluan di pelayanan kesehatan.  
CoCE memberikan pelatihan koding klinis secara berbeda, tidak hanya sekedar mampu menetapkan kode klinis sesuai dengan apa yang tertulis dalam dokumen, namun juga memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang penetapan kode klinis yang dapat menggambarkan keseluruhan dokumentasi klinis dan mampu memenuhi berbagai keperluan data dan informasi klinis guna kepentingan epidemiologi, riset, manajemen, hukum/legal, maupun finansial.






 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar